Proses Perizinan Bandung Raya (Kota dan Kab. Bandung serta KBB)

Pembuatan akta aktan perusahaan

Pengurusan pendirian perusahaan dimulai dengan pembuatan akta di notaris, akta pendirian ini merupakan dasar dari data perusahaan yang akan kita dirikan.

  1. Akta pendirian perusahaan PT

Untuk pertama-tama kami harus membuatkan nama perusahaan dengan ketentuan minimal 3 suku kata dalam bahasa Indonesia, boleh singkatan misalkan PT Multi Deco Indonesia (Deco = Development Capacity Online) dan tidak bisa nama PT kata dalam bahasa Inggris, harus bahasa Indonesia. Juga kita harus menyediakan 3 nama perusahaan, satu sebagai nama utama dan yang lainnya sebagai alternatif jika nama utama tidak bisa digunakan.

Setelah kita menentukan nama perusahaan, maka kita siapkan minimal dua orang pemilik. Untuk pendirian PT minimal harus ada dua orang pemegang saham, lebih dari dua orang tidak masalah, tetapi tidak boleh kurang dari dua orang. Dari dua orang ini kepemilikan saham tidak boleh sama, misal 50%-50%, jika terdiri dari 4 orang, kepemilikan saham sama tidak masalah, misal 25% per-pemegang saham, tetapi untuk perusahaan yang hanya memiliki 2 pemegang saham maka kepemilikan saham tidak boleh sama, misal di aturlah 55%-45% atau bahkan 95%-5% itu sah.

Masih ada beberapa orang yang ketika dia akan menjadi pemegang saham ketika pengajuan kepada notaris tidak memiliki NPWP pribadi, maka Anda harus membuat terlebih dahulu, karena itu adalah syarat yang harus dimiliki oleh para pemegang saham. NPWP bisa Anda buat di KPP (kantor pelayanan pajak) yang ada di daera Anda.

  1. Akta pendirian perusahaan CV

Untuk pendirian CV, proses dan persyaratannya sama dengan PT, hanya ada beberapa perbedaan saja. Untuk nama perusahaan CV tidak harus 3 kata, bisa menggunakan 1 kata saja dan nama bebas tidak di tentukan harus bahasa seperti apa, yang pasti yang memberikan kesan elegan untuk perusahaan yang kita dirikan. Juga dalam pengesahaannya, CV tidak memiliki SK dari kementrian seperti PT, pengesahan CV dikeluarkan oleh pengadilan setempat.

Selanjutnya kita harus menentukan jenis usaha yang akan kita jalankan, ada tiga jenis yang bisa Anda ambil untuk jenis usaha ini.

Jenis usaha perdagangan barang

Bagian ini merupakan usaha yang bergerak dalam bidang-bidang khusus, baik besar atau khusus. Jika lebar besar, di SIUP akan menjadi bagian dari jenis perdagangan barang, jika akan Anda akan melingkupi bagian usaha yang telah Anda tentukan. Misalkan di khususkan untuk konveksi, Anda hanya memasukan bagian-bagian yang berhubungan dengan konveksi saja.

Jenis usaha perdagangan jasa

Jenis perdagangan ini dikhususkan untuk Anda yang menginginkan usaha dalam bidang jasa, bisa jasa apa saja yang Anda inginkan dan tentu saja yang sesuai dengan peraturan yang berlaku di Negara Indonesia. Bisa juga Anda khususkan untuk perdagangan jasa tertentu misalkan biro jasa.

Jenis usaha perdagangan barang dan jasa

Jenis ini memungkinkan badan Anda dapat digunakan dalam berbagai bidang, atau pun yang bergerak di bidang jasa. Jika Anda akan melakukan bisnis di salahalkan kontruksi, transportasi, Anda, Anda akan membutuhkan lebih dari satu lisensi.

Kami akan memberikan Anda jika ingin membuat badan yang lebih baik daripada yang Anda inginkan, karena Anda dapat menggunakan hari, Anda bisa fleksibel untuk melakukan bisnis tidak hanya dalam satu bisnis yang Anda jalankan. Kita tidak tahu apa yang bisa kita lakukan sekarang atau tidak, dan kita tidak tahu kapan kita harus pindah bisnis atau menambah bisnis. Jadi dengan jenis usaha ini Anda akan membuka lebih banyak lagi.

Setelah semua persyaratan lengkap untuk pembuatan akta, selanjutnya kita akan masuk pada pembuatan surat yang diberikan oleh RT dan RW dimana perusahaan yang kita dirikan berada. Untuk syarat izin tetangga, ada yang bisa kita minta di kelurahan. Jadi sebelum kita mengurus izin, kita harus ke kantor kelurahan dulu untuk meminta formulir dan syarat-syarat yang harus kita siapkan.

Mengurus surat izin tetangga

Ketentuan-ketentuan untuk membuat izin lain:

  1. Isi formulir yang di sediakan oleh kelurahan
  2. Meminta tanda tangan dari 4 orang yang ada dilingkungan perusahaan
  3. Salin direktur KTP
  4. Copy akta pendirian PT / CV
  5. Salin IMB peruntukan kantor
  6. Salinan sertifikat hak milik tanah atau SHM
  7. Menyalin PBB tahun terakhir, untuk beberapa daerah mengsyaratkan PBB 5 tahun terakhir
  8. Setelah semua kebutuhan tinggal di RT dan RW untuk di tanda tangani dan di stempel.

Mengurus surat Keterangan domisili (SKDP)

Setelah diizinkan masuk oleh oleh RT dan RW, kami akan membuat surat keterangan domisili perusahaan atau SKDP di kelurahan dan kecamatan. Syarat lain yang harus kita siapkan antara lain:

  1. Surat izin tetangga asli
  2. Salin direktur KTP
  3. Salin akta aktanan
  4. Salin IMB, SHM dan PBB

Jika semua syarat sudah lengkap tinggal diantarkan ke kelurahan untuk di buatkan surat keterangan tentang perusahaan yang di tanda tangani oleh lurah, dan sebagainya di tanda tangani oleh camat.

Mengurus NPWP badan

Setelah proses domisili selesai, selanjutnya kita akan mengurus NPWP badan ke kantor pajak. Ketentuan untuk mengurus NPWP badan lain:

  1. Menyalin KTP dan NPWP direktur
  2. Salin akta aktanan
  3. Salin surat izin tetangga
  4. Copy surat keterangan domisili perusahaan

Untuk waktu proses NPWP bisa kita terima, di beberapa kantor pajak memiliki aturan yang berbeda, seperti di Kota Bandung, NPWP badan akan mengirimkan ke alamat yang lebih kurang 7-10 hari kerja dari sejak kita untuk NPWP badan. Ada juga beberapa daerah yang secara langsung bisa pada saat itu juga, hanya menunggu 10-15 menit saja. Untuk bisa masuk ke perizinan kita hanya perlu menyalinnya saja, dan untuk menyalin NPWP yang sudah bisa kita lakukan, dan menyalin NPWP sudah bisa kita terima, jika kita berada di daerah yang mengsyaratkan NPWP badan di kirim ke alamat domisili.

Mengurus pengesahan pengadilan untuk CV

Untuk CV karena bukan SK kementrian yang menjadi bukti dari akta perusahaan, yaitu berupa pengesahan pengadilan negeri lokal. Jadi setelah kita menjalankan NPWP badan, untuk CV kita akan mengurus dulu pengesahan hakim sebagai persyaratan untuk proses selanjutnya. Untuk syarat pengesahan atas sebag:

  1. Copy akta dari CV dan asli
  2. Salin direktur KTP
  3. Copy NPWP badan

Untuk prosesnya sendiri tidak lama, jika ada 5-15 menit selesai. Tapi jika tidak ada tugas di mana saja, kita harus menunggu dan bisa jadi sampai keesokan hari.

Informasi untuk wilayah Bandung Raya, kecuali Kota Bandung, pengesahaan pengadilan dilakukan di Pengadilan Negeri Balebandung di Baleendah Kabupaten Bandung. Bandung Raya tidak termasuk Kota Bandung yaitu Kota Cimahi, Kab. Bandung, Kab. Bandung Barat. Untuk Kota Bandung, pengesahan CV dilakukan di Pengadilan Negeri Bandung di jalan Riau.

Surat Keterangan Dinas Pemadam Kebakaran

Jika proses di atas selesai, maka kita akan melanjutkan ke Surat keterangan dari dinas damkar, surat ini menerangkan bahwa kita akan berusaha untuk peraturan yang berlaku untuk alat pemadam kebakaran standar di gedung perusahaan kita, adapun syaratnya:

  1. Copy direktur KTP
  2. Copy akta aktanan dan SK
  3. Copy surat domisili

Jika sudah ada, Anda tinggal datang ke dinas pemadam kebakaran di Kota atau Kabupaten Anda.

Mengurus SIUP

Selanjutnya kita akan menjalankan SIUP (surat izin usaha perdagangan) untuk melayani SIUP. Kita harus mengurusnya di kantor perizinan pemerintah daerah setempat, syaratnya seperti:

  1. Scen KTP direktur dan NPWP Badan
  2. Scen akta pendirian dan SK / pengesahan sidang untuk CV
  3. Scen IMB peruntukan kantor, SHM, dan PBB tahun terakhir
  4. Scen Surat izin tetangga asli
  5. Scen Surat Keterangan domisili perusahaan asli
  6. Mengisi formulir yang sudah disediakan.

Jika semua syarat sudah lengkap, tinggal kami serahkan ke kantor untuk proses, lama waktu proses kurang lebih 7-14 hari kerja dan tentu saja bisa lebih cepat, dan kadang ada yang lebih lama dari waktu yang ditentukan.

Mengurus TDP

Jika SIUP sudah selesai, kami tinggal mencari satu hal lagi yaitu TDP atau tanda daftar perusahaan. Untuk persyaratan TDP sama dengan pengurusan SIUP seperti:

  1. Scen KTP direktur
  2. Scen akta pendirian dan SK / pengesahan sidang untuk CV
  3. Scen IMB peruntukan kantor, SHM, dan PBB
  4. Scen Surat izin tetangga asli
  5. Scen Surat Keterangan domisili perusahaan asli
  6. Mengisi formulir yang sudah disediakan
  7. Scene SIUP

Jadi masalah untuk membuat keputusan perusahaan baru, semoga informasi ini bisa memberikan manfaat bagi pembaca yang ingin mengurus perusahaan baru. Akhir kata penulis sampaikan salam semangat dan sukses untuk para pengusaha yang terus berjuang untuk mensejahterakan dan memajukan negara kita ini. Jika ada pertanyaan atau mau memberikan konsultasi untuk masalah perizinan di daerah Bandung Raya, Anda dapat komentar di artikel ini atau langsung menghubungi saya di kontak yang tertera di website ini.

Oleh: Dicki Koswara

8 Commentsto Proses Perizinan Bandung Raya (Kota dan Kab. Bandung serta KBB)

  1. andi says:

    kang..punya kontak jasa pengurusan siup?
    nuhun.

  2. Tatang M Danuwangsa says:

    assalamu’alaikum
    saya sangat membutuhkan HO, SIUP dan TDP secepat mungkin dan semurah mungkin..
    saya mohon informasinya
    terima kasih
    wassalam
    Tatang M Danuwangsa
    081394909149 / 083811631636

    • admin says:

      walaikum salam, maaf baru bisa saya respon, silahkan kang bisa hub saya via whatsapp di no yang tertera di website ini.

  3. iwan says:

    Kang saya mau bkin cv di cililin bdg barat berapa biaya nya smp beres

    • admin says:

      Maaf saya sempat off selama 1 tahun, jika masih membutuhkan info dan mau tanya2, silahkan hub saya via whatsapp ke no 082115275384, haturnuhun.

  4. Garanta singkali says:

    Mas bisa minta no hpnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *