Motivasi Diri [Bag III]

Values

Secara urutan values berada pada urutan no 1, yaitu 1. Values, 2. Skills, 3. Knowladge. Tetapi urutan no 1 berada di posisi atas, tetapi kita manusia memulai sesuatu dari bawah, maka kita memulai dari knowladge yang menjadi dasar untuk kita menjalani kehidupan ini dengan sebaik-baiknya. Values merupakan nilai yang kita terapkan dari knowladge dan skill yang telah kita dapatkan. Values lebih pada pembawaan sikap kita sesuai dengan tingkat pengetahuan dan kemampuan yang kita miliki, jika ternyata values yang dihasilkan tidak sesuai dengan pengetahuan dan kemampuan yang kita miliki dan kita kembangkan, maka ada yang salah dengan proses yang kita lakukan. Sebagai contoh, seorang presiden akan berprilaku selayaknya seorang presiden dengan menjunjung harga diri seluruh rakyatnya. Seorang dosen akan menunjukan sikap dan prilaku yang lebih normatif dibandingkan mahasiswa. Sikap-sikap tersebut bukan dihasilkan dari bawaan sejak lahir, tetapi dihasilkan dari proses penjajakan knowladge dan skill yang telah dilaluinya.

Maka ketika kita telah mendapatkan gelar ahli maka kita akan bisa menempatkan sikap kita sebagaimana mestinya sesuai dengan bidang keahlian yang kita kembangkan. Tidak sedikit orang yang memaksakan sebuah pekerjaan yang bukan keahlian mereka. Mereka mengetahui tetapi tidak memahami karena memang skill yang mereka miliki sangat sedikit, bahkan bisa jadi tidak ada. Sehingga terlihat seperti berperan ditempat yang seharusnya tidak mereka perankan.
Dari ketiga hal tersebut maka kita akan mendapatkan pengalaman yang tidak akan bisa diberikan lebel harga. Begitu berharganya pengalaman tersebut hingga tidak akan ada yang mampu untuk membelinya. Apa yang menurut Anda sesuatu yang tidak bisa dibeli di dunia ini? Yang tidak bisa Anda beli adalah waktu. Butuh banyak waktu untuk menjajaki ketiga hal tersebut yang menjadikannya sebuah pengalaman yang berharga. Jika kita pernah bertemu dengan seseorang yang sudah tua yang terlihat pertama kali oleh kita adalah orang tua tersebut tidaklah pintar, tetapi ketika kita mulai dalami pengetahuan, kemampuan, dan sikapnya, maka kita akan sadar bahwa sehebat apapun kita ketika lama waktu yang telah dijalaninya dalam kehidupan ini berbeda jauh dengan kita, maka sehebat apapun kita tidak akan pernah bisa mengalahkannya. Karena waktu yang telah dilewati oleh orang tua ini sudah sangatlah lama dibandingkan kita. Maka dengan sendirinya kita akan menghargai orang-orang yang berpengalaman.

Buktikan

Jika ketiga hal tersebut telah Anda dapatkan maka Anda tinggal membuktikan kehebatan Anda untuk mendapatkan tujuan utama kita, yaitu bertahan hidup. Dan saya yakin hasil dari proses dan perjuangan Anda akan selalu membawa hasil yang terbaik. Percaya atau tidak percaya, ketika kita berusaha untuk mewujudkan harapan kita, kita malah mendapatkan apa yang kita butuhkan. Dan harus Anda yakini bahwa tidak ada proses yang tidak memberikan hasil. Yang tidak memberikan hasil adalah ketika Anda memutuskan untuk tidak berproses dan tidak melakukan apa-apa. Maka Anda telah membuang kesempatan Anda untuk memanfaatkan waktu yang Anda miliki dengan sebaik mungkin.
Ketika Anda memiliki ketiga hal tersebut, knowladge, skill, dan values, maka kepercayaan diri Anda akan berada pada level tertinggi hidup Anda. Anda hanya harus melakukan yang terbaik dan memanfaatkan semua itu dengan sebaik-baiknya untuk bisa bertahan hidup dengan cara yang terbaik dan bukan dengan menggunakan segala cara yang bisa berdampak buruk pada orang lain. Semoga dalam pembahasan kali ini bisa menguatkan tekad dan tujuan Anda untuk bisa memberikan yang terbaik dalam kehidupan ini.

Evaluasi

Setiap yang kita lakukan, keseluruhannya harus selalu kita evaluasi. Atau banyak orang bilang “kita haru introspeksi diri”, hal tersebut sama dengan evaluasi untuk diri kita sendiri dari setiap apa yang kita lakukan. Untuk mendapatkan perbaikan dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi, maka kita harus selalu mau untuk melakukan evaluasi. Kita harus yakin bahwa kita selamanya adalah pembelajar yang harus selalu di arahkan dan diperbaiki setiap saat untuk menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

Kadang banyak orang yang tidak mau untuk evaluasi diri, kebanyakan dari kita terlalu bangga dengan apa yang kita dapatkan, sering kali juga kita lebih tidak terpuaskan ketika hal tersebut berkaitan dengan keinginan kita dan sering kali kita menggunakan segala cara bahkan meski itu adalah cara yang buruk sekali pun. Jika kita mau untuk introspeksi diri maka kita bisa mendapatkan pribadi yang lebih baik, bisa diterima oleh siapapun dan dari kalangan manapun, dan kita bisa membentuk kepercayaan diri yang lebih hebat lagi serta hal tersebut akan menjadi motivasi terbesar untuk kita menghadapi kehidupan ini. Jangan lupakan bahwa kita adalah makhlus sosial yang akan selalu berhadapan dengan yang lainnya dalam kehidupan ini, dan tentu kita akan selalu membutuhkan orang lain, maka dari itu agar kita bisa nyaman untuk mendapatkan apa yang kita butuhkan dari orang lain dan tanpa dihinggapi rasa sombong, maka kita perlu melakukan evalusi secara berkala dengan apa yang ada di diri kita sendiri.

Penutup

Tidak ada manusia yang sempurna, dan tak akan ada kebaikan untuk diri kita sendiri kecuali kita sendirilah yang membuat kebaikan itu. Orang akan segan kepada kita, ketika kita memperlakukan orang dengan segan, orang akan sopan terhadap kita ketika kita sopan kepada orang lain, begitulah aturan hidup dalam kehidupan ini. Kita berlaku jahat maka kita akan mendapatkan kejahatan, kita melakukan kebaikan maka kita akan mendapatkan kebaikan. ingin hidup kita baik-baik saja, maka perlakukan kehidupan yang ada di sekeliling kita dengan baik-baik saja. tidak harus dendam pada sesuatu yang belum tentu orang tersebut lebih baik dari kita. Tetap semangat dan jangan pernah putus asa, percaya diri adalah kunci kita mendapatkan kehidupan yang lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *