Mengurus Izin SIUP di Bandung (Kota, Kab, KBB)

Pengurusan Izin di Kota Bandung, Kab. Bandung, dan Kab. Bandung Barat hanya mengurus izin usaha (SIUP) dan TDP, Jika dulu ada izin HO, sempat pengurusan izin hanya mengurus SIUP dan TDP saja dan tidak ada HO.

Tetapi ada up date terbaru karena penggunaan sistem baru yang di sebut OSS, surat izin yang harus kita urus untuk menjalankan usaha kita yaitu SIUP, TDP, NIB, izin prinsip, izin lokasi, izin distributor dan BPJS Badan, syarat mengajukan SIUP :

  1. Scan KTP direktur / pemilik asli
  2. Scan NPWP Badan asli
  3. Scan akta pendirian perusahaan lengkap asli.
  4. Scan SK pengesahan PT asli.
  5. Scan domisili asli
  6. Scan SHM.
  7. Scan IMB (harus sudah peruntukan kantor)
  8. Scan PBB 5 tahun terakhir
  9. Pas foto pengusaha (3×4), foto yang dilampirkan harus warna, karena untuk di tempel di lembar SIUP.

Jika semua file sudah Anda upload, selesaikan pengisian form sampai baris paling bawah, kemudian centang pilihan centang dibawah, dan kemudian kirim formulir pendaftaran.

Jika Anda melalukan pendaftaran sendiri, akan di kenakan biaya retribusi saja, besarannya bisa Anda cek ke dinas perizinan Kab/ Kota Anda. Proses akan cukup lama karena bisa jadi ada penolakan setelah di lakukan pemerikasaan oleh pihak dinas. Jika terjadi penolakan biasanya akan disertai alasan penolakannya, silahkan lengkapi kekurangannya dan upload kembali data-datanya. Ini akan memerlukan kesabaran untuk bisa menyelesaikannya. Jika Anda tidak bisa sabar, maka Anda bisa meminta bantuan pihak ketiga (biro jasa), hanya saja memang akan ada biaya yang harus Anda keluarkan. Besaran biaya berpariatif tergantung dari pihak ketiganya.

Nah semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda yang akan mengajukan berkas-berkas perizinan, semoga saja Anda bisa mendapatkan kelancaran dalam setiap prosesnya dan selalu sabar ya.

JIKA ANDA KURANG FAHAM BISA KONSULTASIKAN KEPADA SAYA DI 0821-1527-5384 (bisa WA, Tlpn, SMS), silahkan tanyakan apapun berkaitan dengan pengurusan izin usaha Anda.

2 Commentsto Mengurus Izin SIUP di Bandung (Kota, Kab, KBB)

  1. Ayub Wilianto says:

    Pak kalau di kota Bandung, untuk urus SIUP dan TDP apakah bisa online atau harus ke PTSP?
    Kalau online websitenya apa ya pak?
    Saya barusan urus pendirian CV, tapi kata notarisnya sistem di pengadilan belum beres jadi SK pengadilannya tidak ada.
    Apakah bisa mengajukan SIUP dan TDP?

    • admin says:

      Bisa cek pak di web dpmptsp.bandung.go.id, jika bandung blm pakai sisten oss, di web itu pak untuk daftarnya. Untuk syarat akta cv harus di sahkan pengadilan dulu pak. Kecuali jika bapak memakai biro jasa, itu bisa di uruskan. Dan jangan lupa untuk syarat utama SHM, IMB peruntukan kantor dan PBB tahun terakhir harus tepat juga pak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *