Mengurus Izin SIUP Kota Bandung, Kab. Bandung dan Kab. Bandung Barat

Pengurusan Izin di Kota Bandung, Kab. Bandung, dan Kab. Bandung Barat hanya mengurus izin usaha (SIUP) dan TDP, Jika dulu ada izin HO, sekarang tidak lagi Anda cukup SIUP dan TDP, syarat mengajukan SIUP :

  1. Scan KTP direktur / pemilik asli
  2. Scan NPWP asli
  3. Scan akta pendirian perusahaan lengkap, baiknya scan dari berkas aslinya jangan dari copyan.
  4. Scan SK pengesahan AD PT, untuk CV tidak harus diisi, tapi kalau memang mau diisi silahkan isi dengan lembar akta paling belakang yang bercap pengesahan pengadilan 1 lembar saja di scan, baiknya scan dari berkas aslinya jangan dari copyan.
  5. Scan IG / HO, pada lembar HO yang anda terima, anda mendapatkan dua berkas, satu berkas adalah HO, satu lagi lembar irregistrasi, sebaiknya Anda lampirkan ke dua berkas tersebut, jadi scane HO dan Irregist, kemudian satukan dalam bentuk file pdf, baiknya scan dari berkas aslinya jangan dari copyan.
  6. Scan neraca perusahaan, buat neraca awal perusahaan dengan tandatangan pemilik / direktur dan di stempel perusahaan. Baiknya scan dari berkas aslinya jangan dari copyan.
  7. Pas foto pengusaha (3×4), foto yang dilampirkan harus warna, karena untuk di tempel di lembar SIUP.

Jika semua file sudah Anda upload, selesaikan pengisian form sampai baris paling bawah, kemudian centang pilihan centang dibawah, dan kemudian kirim formulir pendaptaran.

Jika Anda melakukan sendiri, biaya yang akan Anda keluarkan adalah 0 alias gratis, tetapi jika Anda meminta bantuan jasa pihak ketiga, bisa dikenakan biaya dari Rp. 500,000 s/d Rp. 2,000,000. Jadi tergantung Anda meloby dengan pihak ketiganya. Meski memang sering kali para pengaju izin mendapatkan kekesalan karena sering sekali di tolak, tetapi Anda harus tetap sabar dan mengikuti jalurnya. Tetapi jika memang Anda tidak mau sabar, maka sebaiknya Anda gunakan jasa pihak ketiga. Waktu proses yang dibutuhkan biasanya 1 minggu, atau bahkan bisa kurang dari 1 minggu, bisa juga lebih dari 1 minggu, tapi dalam standar pelayanan perizinan Kota Bandung proses selesai dalam 7 hari kerja.

Nah semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda yang akan mengajukan berkas-berkas perizinan, semoga saja Anda bisa mendapatkan kelancaran dalam setiap prosesnya dan selalu sabar ya.

JIKA ANDA KURANG FAHAM BISA KONSULTASIKAN KEPADA SAYA DI 0821-1527-5384 (bisa WA, Tlpn, SMS), silahkan tanyakan apapun berkaitan dengan pengurusan izin usaha Anda.

2 Commentsto Mengurus Izin SIUP Kota Bandung, Kab. Bandung dan Kab. Bandung Barat

  1. Ayub Wilianto says:

    Pak kalau di kota Bandung, untuk urus SIUP dan TDP apakah bisa online atau harus ke PTSP?
    Kalau online websitenya apa ya pak?
    Saya barusan urus pendirian CV, tapi kata notarisnya sistem di pengadilan belum beres jadi SK pengadilannya tidak ada.
    Apakah bisa mengajukan SIUP dan TDP?

    • admin says:

      Bisa cek pak di web dpmptsp.bandung.go.id, jika bandung blm pakai sisten oss, di web itu pak untuk daftarnya. Untuk syarat akta cv harus di sahkan pengadilan dulu pak. Kecuali jika bapak memakai biro jasa, itu bisa di uruskan. Dan jangan lupa untuk syarat utama SHM, IMB peruntukan kantor dan PBB tahun terakhir harus tepat juga pak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *