Membuat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di Kota dan Kab bandung serta KBB

Asumsi yang mendasari pembuatan IMB cukup mahal

Kewajiban setiap orang yang memilik bangunan di perkotaan adalah melengkapi salah satu izin membangun dari pemerintah setempat, aturan ini berlaku untuk semua wilayah di Indonesia hanya saja aturan ini lebih diterapkan di perkotaan karena melihat lahan untuk di bangun semakin sempit sehingga pemerintah lebih berhati-hati dalam memberikan izin untuk membangun sebuah bangunan.

Ada banyak keluhan masyarakat yang mengatakan bahwa pengurusan izin IMB ini cukup mahal dari segi biaya. Menurut saya mahal jika Anda mempercayaakan pekerjaan mengurus izin IMB ini kepada biro jasa, atau menyuruh orang lain, jika Anda pribadi mengurus izin ini sendiri, pasti tidak akan mahal karena tidak ada biaya yang harus Anda keluarkan. Seperti halnya ketika kita membangun rumah, jika kita kerjakan sendiri pasti biaya yang dibutuhkan hanya untuk pembelian bahan-bahan saja, tetapi tentunya akan membutuhkan waktu yang lama untuk dapat menyelesaikannya, tetapi jika Anda memberikan pekerjaan membangun rumah tersebut kepada orang lain maka tentu pekerjaan akan lebih cepat selesai hanya saja biaya yang dibutuhkan cukup besar karena harus membayar beberapa orang yang bekerja.

Itu sebenarnya asumsi sederhana dalam memperkerjakan orang lain untuk menyelesaikan pekerjaan yang kita lakukan (jasa), semua orang tahu itu, ketika kita meminta pertolongan seseorang atau kelompok untuk menyelesaikan pekerjaan kita, kita harus siap mengeluarkanĀ  biaya yang lebih besar. baiklah katakanlah kita faham dengan asumsi tersebut, kita siap membayar kuli/ jasa untuk orang atau kelompok yang mengerjakan pekerjaan untuk kita, nah sekarang berbicara pada bahan pokok atau bahan bangunannya kita ibaratkan untuk pengurusan izin IMB, kenapa mahal apakah semahal itu?

Kita masih berbicara asumsi, dan kita berbicara di kota bandung. Setiap orang yang bergerak di bidang perizinan, mau biro jasa atau orang-orang yang berkaitan dengan biro jasa itu sendiri tahu dan faham betul ketika ada masyarakat mengajukan izin IMB biasanya akan mengarah pada peminjaman modal kepada bank, salah satu syarat untuk meminjam modal kepada bank selain sertifikat tanah adalah IMB, jika kita berasumsi bahwa pinjaman dana ke bank dari luas tanah 100m2 plus ada bangunan rumah Anda di atas tanah tersebut, untuk harga di kota bandung berapa harga tanah dan bangunan tersebut? Katakan harganya 4 Miliar, ketika Anda meminjam dana kepada bank berapa yang bisa bank tersebut cairkan? Sekarang jika menghitung dana untuk pengurusan izin IMB sebagai syarat untuk mendapatkan pinjaman tersebut di sekitaranĀ  100 juta rupiah, berapa persen (%) 100 juta dari 4 miliar? Itu kurang lebih 2,5% nya saja.

Kita harus faham betul bahwa orang-orang yang ada di biro jasa pun mereka adalah manusia sama seperti kita, mereka pasti memperhitungkan biaya yang harus keluar untuk mengurus suatu izin yang kita percayakan kepada mereka, kita harus yakin bahwa biaya yang harus kita keluarkan untuk mengurus izin usaha itu adalah perhitungan yang dilakukan oleh para profesional di bidang jasa urus izin. dan asumsi mengenai ketika masyarakat mengurus pembuatan IMB itu harus berkaitan dengan peminjaman kepada bank. Itu terjadi jika IMB yang kita urus adalah IMB rumah tinggal, bagaimana kalau IMB bukan untuk rumah tinggal, misal untuk ruko atau kantor, apakah biaya akan sama saja?

Kita berbicara biaya untuk jasa pengurusan izin IMB rumah tinggal ketika menggunakan jasa, nah bagaimana jika IMB itu bukan peruntukan rumah tinggal? Nah yang perlu kita fahami disini adalah IMB ada beberapa peruntukan, salah satunya peruntukan rumah tinggal, jika IMB yang kita miliki pada sebuah bangunan yang menjadi miliki kita itu peruntukan rumah tinggal, maka bangunan tersebut tidak akan bisa dijadikan tempat usaha. Maksudnya jika kita mengajukan izin usaha (SIUP) menggunakan rumah yang ber IMB peruntukan rumah tinggal, maka izin usaha akan di tolak oleh pihak pemerintah daerah Anda. Karena syarat untuk mengurus izin usaha ini adalah IMB peruntukan ruko atau kantor. Jadi dalam hal ini kita abisa mengatakan kebutuhan untuk meminjam dana ke bank di khususkan pada IMB peruntukan rumah tinggal saja, lalu apa yang lain tidak bisa diajukan untuk meminjam dana?

Untuk peruntukan yang lain tentu lebih bagus untuk mengajukan pinjaman kepada bank, hanya saja biasanya orang-orang yang mengajukan IMB peruntukan ruko dan rukan mereka bukan mau mengajukan pinjaman dana kebank, tetapi mereka mau mengajukan surat izin usaha (SIUP) yang artinya izin yang mereka urus mulai dari IMB adalah izin untuk bangunan komersial atau bangunan untuk tempat usaha. Jadi tetap saja untuk biaya izin IMB untuk peruntukan seperti itu biaya yang dibutuhkan akan lebih banyak lagi.

Jika butuh konsultasi untuk pengurusan IMB di Kota dan Kab Bandung serta KBB silahkan tanyakan kepada saya di 0821-1527-5384 (via WA, SMS, tlpn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *