Desain Kompetensi

Desain kompetensi yang dimiliki SDM perusahaan akan sangat menentukan pada kemajuan dan kemunduran SDM, seiring berkembang konsep dan model human capital maka tidak diragukan lagi bahwa setiap perusahaan harus mengakui bahwa SDM merupakan sumber utama yang akan menghidupi perusahaan, tetapi tidak hanya sampai pemahaman itu saja, setiap SDM yang perusahaan miliki harus bisa bersaing dan memenuhi kompetensi yang mencukupi untuk mampu menjadi andalan perusahaan.

SDM yang kita miliki bukan tidak memiliki kompetensi, tetapi kadang masih banyak kekurangan dan kurang di asah yang pada akhirnya merugikan perusahaan karena permasalahan tersebut. Perusahaan manapun selalu menginginkan kemajuan bagi perusahaanya, dan tentu saja kemajuan itu harus diisi dengan SDM-SDM yang memiliki kompetensi yang memadai pada bidang masing-masing.

Sudah menjadi tugas manajemen SDM untuk bisa mendesain sebuah model kompetensi yang sesuai dengan budaya perusahaan dan yang cocok bagi perusahaan, karena belum tentu satu perusahaan sama dengan perusahaan lainnya. Maka dari itu, pada training kali ini akan di bahas mengenai “design competenci”. Tidak hanya bidang SDM yang perlu mengetahui proses ini, tetapi pemilik dan pejabat-pejabat perusahaan pun penting untuk mengetahui dan bisa mendesain kompetensi untuk SDM di perusahaannya.

Desain Kompetensi, Sasaran Dan Tujuan

Adanya model kompetensi dan persyaratan Kompetensi Jabatan pegawai yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan organisasi merupakan tujuan akhir dari pelatihan ini, dimana tujuan utama yang akan dicapai adalah :

  • Membangun model kompetensi yang sesuai dengan kondisi dan proses bisnis di Perusahaan Anda
  • Menetapkan persyaratan kompetensi jabatan di lingkup perusahaan

Desain Kompetensi, Tujuan

Berdasarkan keinginan untuk kelak dapat mengimplementasikan Sistem SDM Berbasis Kompetensi (SDM-BK), maka akan dilakukan TRAINING PENYUSUNAN MODEL KOMPETENSI DAN STANDAR KOMPETENSI JABATAN, dengan lingkup kegiatan Training meliputi bagaimana :

  • Memahami konsep kompetensi
  • Mengembangkan ketrampilan dalam merumuskan core dan generic competencies, Soft dan Hard Competency
  • Membuat Model Kompetensi, Kamus Komptensi dan Standard Kompetensi Jabatan
  • Memahami cara mengimplementasikan Manajemen Sumber Daya Manusia berbasis kompetensi.
  • Bertitik tolak dari kebutuhan untuk implementasi, maka dalam workshop ini lebih dikedepankan kegiatan latihan dan praktek dalam melakukan :
  • Inventarisasi data baik data primer maupun data sekunder yang berkaitan dengan kesepakatan yang telah ada selama ini yang menyangkut kompetensi inti organisasi
  • Inventarisasi data baik data primer maupun data sekunder yang berkaitan dengan struktur organisasi / jabatan, uraian jabatan, klustering jabatan dan persyaratan jabatan yang ada dan telah disepakati saat ini.
  • Memilih sumber referensi utama tentang Kompetensi (Competency Library) yang dipakai untuk menjadi acuan landasan teoritis, definisi, dimensi, dan level kompetensi.
  • Membuat model kompetensi yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan perusahaan
  • Bagiamana Menyusun Kamus kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis sekarang maupun masa mendatang.

Desain Kompetensi, Materi

  • Materi yang akan dibahas dalam workshop ini meliputi :
  • Memahami konsep Kompetensi dan pentingnya dalam pengelolaan SDM organisasi
  • Membangun Kerangka Model Kompetensi
  • Membangun model kompetensi dalam organisasi : Core, Job Family, dan Job Specific Competencies : Visi, Misi dan Values Statemen, Strategy dan Wining Concept Perusahaan, Dari Job Desc dan Scope Of Work,
  • Aturan-aturan menemukan kompetensi
  • Menyusun Soft dan Hard Competencies
  • Mendefinisikan level kompetensi secara praktis
  • Bagaimana menentukan job yang akan menjadi sample dalam mendefinisikan model kompetensi
  • Mendefinisikan issue dan challenge yang dihadapi oleh jabatan tersebut dan kontribusinya bagi pencapaian sasaran Perusahaan.

Desain Kompetensi, Overview

  1. Overview Kompetensi
  2. Visi, Misi, Value, Business Strategy & Budaya Organisasi
  3. Core Competency
  4. Level & Role Position
  5. Managerial & Spesialis
  6. Managerial & Role Competency
    1. Membuat Core Competency
    2. Membuat Managerial & Role Competency
  7. Business / Operational Function & Supporting Function
  8. Functional / Technical Competency
  9. Kamus kompetensi
  10. Matriks kompetensi
  11. Analisa kompetensi vs pemegang jabatan
    1. Membuat Functional / Technical Competency
    2. Membuat kamus kompetensi
    3. Membuat matriks kompetensi & analisanya
  12. Behavior / Competency Assessment
  13. Simulasi

Desain Kompetensi, Metodologi

Untuk melaksanakan serangkaian kegiatan workshop sebagaimana lingkup pekerjaan diatas maka beberapa metoda pendekatan yang digunakan antara lain adalah :

Training & Ceramah interaktif

Focus Group Discussion (FGD)

Latihan dan praktek dan membuat implementation plan

One Commentto Desain Kompetensi

  1. Maxime says:

    Hey – great post!! I am so glad that Bailey got us to do this whole guest thing because I get interducod to some awesome new people!!! So glad you are enjoying my home country….but you don’t like the food??? Not even Sunday roast dinners with yorkshire puddings?? Apple Crumble?? If I was still living there you would be invited to my family home and we would change this “dislike” into a “love love love”!!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *